Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Kebijakan Nasional Road Map Reformasi Birokrasi (2020-2024)

Dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan berkualitas, perlu perbaikan secara terus menerus dan upaya yang inovatif sesuai dengan kebijakan dan rencana strategis pembangunan nasional. Untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Pertanian, telah disusun peta jalan reformasi birokrasi mengacu pada Kebijakan Nasional Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024 dan Isu Strategis Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024.

Road Map RB Kementerian Pertanian Tahun 2020-2024 merupakan pedoman sekaligus arah kebijakan pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Pertanian, selaras dengan Kebijakan Nasional RB yang mengedepankan 2 (dua) asas utama yaitu Fokus dan Prioritas.

Fokus :  upaya RB akan  dilakukan berfokus pada akar  permasalahan tata kelola  pemerintahan.

Prioritas :  setiap instansi akan memilih prioritas perbaikan tata kelola pemerintahan sesuai dengan karakteristik  sumber daya dan tantangan  yang dihadapi.

Hal yang perlu diperbaharui guna  meningkatkan kualitas road map RB  2020-2024 yaitu:

  1. Lebih menekankan pada hal-hal  yang bersifat  implementatif  dibandingkan dengan formalitas.

  2. Program dan kegiatan didesain agar  dapat diimplementasikan oleh  seluruh unit kerja, mulai dari pusat  hingga yang berada di daerah (UPT).

  3. Analisi  dilakukan  secara  holistik,   komprehensif, dan antisipatif  sehingga didapatkan potret  kemajuan, tantangan, dan  permasalahan RB yang lebih utuh.