Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pelaksanaan reformasi birokrasi ditujukan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan kapabel, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, profesional, serta bersih dari praktek KKN. Reformasi birokrasi juga medorong setiap kementerian/lembaga/pemerintah daerah agar manfaat keberadaannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Di tengah tuntutan masyarakat yang semakin tinggi, reformasi birokrasi mendesak kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Perubahan mindset dan culture set harus terus didorong agar birokrasi mampu menujukan performa/kinerjanya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, kesuksesan reformasi birokrasi merupakan tanggungjawab segenap elemen pemerintahan, dan harus disadari serta dibangun bersama oleh seluruh kementerian/lembaga/pemerintah daerah di Indonesia, tanpa kecuali

Memasuki sasaran lima tahun ketiga reformasi birokrasi (2020-2024) diperlukan peningkatan secara terus  menerus kapasitas birokrasi  sebagai kelanjutan dari reformasi  birokrasi pada lima tahun kedua,  untuk mewujudkan pemerintah  kelas dunia.

Grand design road map reformasi birokrasi mengamanatkan peningkatan profesionalisme dan integritas birokrasi, peningkatan kinerja birokrasi yang berorientasi hasil melalui  perubahan secara terencana, bertahap, dan terintegrasi dari  berbagai komponen strategis birokrasi pemerintah melalui : (1) landasan hukum dan regulasi; (2) organisasi; (3) tatalaksana; (4)  manajemen sumber daya manusia aparatur; (5) pola pikir (mind-set), budaya organisasi (culture-set) dan nilai dasar aparatur; (6) integritas aparatur; (7) sistem pengawasan intern dan akuntabilitas kinerja;(8) kualitas pelayanan publik; serta (9) sistem monitoring dan evaluasi kinerja.

Mengawal pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Pertanian, telah disusun peta jalan reformasi birokrasi (2020-2024) yang ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 24 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian Tahun 2020-2024.

Road Map Reformasi Birokrasi tersebut, memuat Kebijakan Nasional Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024 dan Isu Strategis Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024.