Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian Raih Penghargaan Inovasi Digital Pelayanan Publik dari MNC Portal Indonesia

Diujung Maret ..

Menutup hari terakhir di Bulan Maret, Menteri Pertanian memenuhi undangan untuk hadir di MNC Tower., Kamis (31/3) malam. Tak ada tanda tanda keletihan di wajah Komandan Pertanian Indonesia saat ini, meski sejak pukul 09.00 pagi sudah tapping sosialisasi PP 35/2022, dilanjutkan menerima kehadiran Menteri KKP beserta jajaran Eselon 1 Kementrian KKP , kemudian menerima perwakilan Masyarakat Papua sampai jelang maghrib.

Ternyata kehadiran Menteri Pertanian di studio INews untuk menerima penghargaan inovasi digital pelayanan publik yg dilakukan MNC Portal Indonesia terhadap kementrian dan pemerintah daerah.

Agriculture War Room (AWR) Kementrian Pertanian yang sudah dikunjungi oleh para menteri dan Wakil Presiden RI menjadi salah satu produk digital yang mendapat penghargaan, Kamis malam.

Agriculture War Room (AWR) adalah ruangan berisi sejumlah alat pemantau yang berfungsi memperbarui data pertanian di Indonesia secara berkala. Data yang dihasilkan oleh sistem di ruangan ini meliputi luas lahan baku sawah, pasokan pupuk, hingga luas panen.

Dalam pembangunan ruangan AWR, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Badan Pusat Statistik, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Ruangan AWR dilengkapi oleh citra satelit yang dapat merekam pelbagai objek, seperti luas lahan. Melalui teknologi yang disematkan dalam ruangan AWR ini, kementeriannya juga dapat mendata efektivitas dalam menghasilkan produk-produk pertanian.

Menteri Syahrul Yasin Limpo Kamis malam ikut menyumbangkan suaranya, seakan mewujudkan apa yang dikatakan pepatah latin : Verbis defectis musica insipit - Musik membawa kita ke tempat yang tak terjangkau kata-kata (YET-SKM)