Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

31.183 Peserta Siap Ikuti SKD CPNS Kementerian Pertanian Tahun 2021

Jakarta - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tahap kedua yang harus diikuti peserta dalam seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2021. Selama periode pendaftaran yang dimulai dari 30 Juni hingga 26 Juli 2021, Kementerian Pertanian mencatat terdapat 35.215 pelamar pada 766 formasi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian. Jumlah formasi tersebut terbagi ke dalam 661 untuk formasi umum, 87 untuk formasi “dengan pujian”/cumlaude, 14 untuk formasi penyandang disabilitas, dan 4 untuk putra putri Papua dan Papua Barat.

Setelah melalui tahap seleksi administrasi, tersaring 31.183 peserta yang akan melanjutkan ke tahap SKD. Materi SKD yang diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). SKD sendiri dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT-BKN), dimana peserta akan mengerjakan soal dengan menggunakan komputer dan akan langsung mengetahui skor yang didapat setelah mengerjakan soal.

SKD CPNS Kementerian Pertanian tahun 2021 ilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri mulai tanggal 2 September 2021 hingga 15 Oktober 2021. Sebanyak 31.173 peserta mengikuti tes di 34 lokasi di dalam negeri dan 10 peserta mengikuti tes di luar negeri meliputi Taiwan, Turki, Brunei Darussalam, Belgia, Belanda, Timor Leste, Malaysia, Polandia, dan Amerika Serikat. Protokol kesehatan yang sangat ketat tentunya diterapkan dalam pelaksanaan SKD sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kalangan peserta maupun panitia. (Nia/Biro OK)