Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Polbangtan Harmony Festival 2020

Puncak acara Harmony Festival 2020 yaitu pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 bertempat di Kampus Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian) Bogor Jl. Aria Surialaga No. 1 Kel. Pasirkuda Kec. Bogor Barat Kota Bogor, festival yang sangat meriah ini ramai oleh pengunjung.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan, Dr. Ismaya Nita Rianti Parawansa, SP. M.Si., serta dihadiri oleh Dr. Ir. Siswoyo, MP, selaku Direktur Polbangtan Bogor, Wakil direktur Polbangtan, Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Polbangtan Bogor, Koordinator Pembina Kemahasiswaan serta Perwakilan Kapolsek Bogor Barat .

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Ali Fikri menuturkan, acara-acara yang diselenggarakan Polbangtan Bogor pada Harmony Festival 2020 :

1.Bakti sosial

Gerakan untuk menumbuhkan rasa kepedulian diantara sesama segenap pihak internal Politeknik Pertanian Bogor, Bakti sosial ini terbagi menjadi 2, yaitu : Santunan Sembako, membantu 75 warga  kurang mampu & 30 anak yatim piatu dengan memberi bahan pokok untuk sekedar membantu meringankan  beban mereka yang berada disekitar kampus Polbangtan Bogor.

Kegiatan bakti sosial kedua yaitu donor darah, bekerja sama dengan PMI Sukabumi, bertujuan untuk mengumpulkan 100 kantung darah sebagai penambah stok untuk bank darah PMI untuk menolong nyawa bagi orang yang membutuhkan,

“PMI Kota Sukabumi turut serta membantu kepada PMI kota lain apabila membutuhkan tenaga untuk melakukan kegiatan donor darah seperti ini, PMI Kota Sukabumi membutuhkan darah 1500 – 1700 kantung per harinya” ujar Januar Rahmat Hikmah selaku Aftaper PMI unit Bank Darah Kota Sukabumi.

“Penting sekali untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini baik tingkat pelajar SMA maupun mahasiswa untuk membantu kebutuhan darah, karena darah tidak bisa dibuat oleh zat kimia, hanya bisa didapatkan dari tubuh sesama manusia, tidak hanya penerima darah yang merasakan manfaat tetapi sebagai pendonor pun banyak manfaatnya antara lain, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan pencegahan penyakit”, tambah Januar.

2. Lomba

Lomba Debat Bahasa Indonesia

Dengan bertemakan “Pertaniaan Saat Ini”, bahwa pertanian itu notabene hanya petani pada umumnya yang sehari-hari pasti kotor ataupun yang kurang baik, bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap dan pengetahuan terkait petani sekarang sesuai dengan yang digencarkan oleh Kementrian Pertanian yaitu Petani milenial kepada anak-anak jaman sekarang. Peserta debat dikuti oleh siswa SMA dan sederajat.

Lomba Inovasi Teknologi Pertanian (LITP)

Sebuah media pencarian anak-anak berbakat terkait inovasi bertemakan pertanian di tingkat SMA dan sederajat, di awali dengan 15 tim yang mendaftar, namun yang lolos seleksi tahap pengumpulan makalah sebanyak 10 tim, bagi SMA yang menjadi juara, anggota timnya akan mendapatkan sertifikat dari Polbangtan Bogor, yang dapat digunakan sebagai tiket prioritas pendaftaran untuk masuk ke Polbangtan Bogor.

Lomba Grup Band

Wadah kreatifitas untuk anak-anak tingkat SMA sederajat untuk menyalurkan hobinya dalam bermusik, serta menjadikan acara ini daya tarik tambahan untuk anak-anak SMA, menambah referensi tentang Politeknik ataupUn Sekolah Tinggi Kedinasan.

3. Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) Expo

Sebuah acara pengenalan dari berbagai macam perguruan tinggi kedinasan untuk mengenalkan perguruan tinggi mereka, yang diikuti oleh 16 Perguruan Tinggi Kedinasan, yaitu :

1.        Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Bogor

2.        Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKKESOS) Bandung

3.        Politeknik Kelautan dan Perikanan (POLTEK KP) Jakarta

4.        Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

5.        Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) Bekasi

6.        Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung

7.        Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Bogor

8.        Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Yogyakarta Magelang

9.        Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Malahayati Aceh

10.     Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong

11.     Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) Jakarta

12.     Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun

13.     Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) Jakarta

14.     Politeknik Statistika (POLSTAT – STIS) Jakarta

15.     Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

16.     Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN) Jakarta

“Ini juga termasuk upaya branding kampus kami, terkait transformasi nama dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor ke Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor”, Ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Harmony Festival 2020, Muhammad Ali Fikri. (NK-BPPSDMP)