Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Ribuan Pengunjung Banjiri Museum Tanah dan Pertanian Peringati Hari Tanah Sedunia

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) yang diberikan mandat mengelola Museum Tanah dan Pertanian pada 5 Desember 2019 menggelar peringatan Hari Tanah Sedunia.  Peringatan ini bertujuan membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengelola tanah secara arif sehingga kelestarian kehidupan manusia dapat terjaga. Kegiatan tersebut sesuai dengan tema Hari Tanah Sedunia 2019, "Hentikan Erosi Tanah Selamatkan Masa Depan Kita.”

Berbagai kegiatan menarik digelar seperti literasi informasi, lomba melukis pot, temu bisnis, tur museum, pameran foto, serta pameran pupuk dan produk teknologi pertanian lainnya. Ekspose Museum Tanah dan Pertanian pada helatan Hari Tanah Sedunia 5 Desember 2019 ini  menggaet pengunjung sebanyak 1.413  orang dan mereka berpartisipasi dalam tour Museum Tanah dan Pertanian.

Kepala PUSTAKA, Retno Sri Hartati Mulyandari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat agar mengelola tanah dan lingkungan dengan arif dan sebaik-baiknya. Dalam kegiatan ini, PUSTAKA juga menghadirkan stakeholders yang turut berpartisipasi memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk melestarikan tanah beserta lingkungan, seperti Panda Mobile WWF Indonesia, komunitas kelompok tani hidroponik, petani organik, perusahaan pupuk organik, serta stakeholders  hasil dan olahan pertanian. Menurutnya Museum Tanah dan Pertanian yang mempunyai branding  sebagai pusat informasi dan edukasi pertanian tematik merupakan salah satu wahana yang cocok untuk sumber pengetahuan bagi masyarakat luas mengenai tanah, iklim, dan lingkungan serta pertanian dan peternakan secara umum. (JA/Pustaka)