Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

KEMENTERIAN PERTANIAN RAIH ENAM (6) APRESIASI DAN PENGHARGAAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) menyelenggarakan acara apresisasi dan penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019 bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Internasional di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12). Apresiasi dan penghargaan diberikan kepada 506 unit kerja dari 63 instansi pemerintah yang berhasil membangu Zona Integritas. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin, memberikan penganugerahan kepada 16 pemimpin perubahan di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang berhasil membangun zona integritas secara masif sehingga layak mendapatkan predikat WBK/WBBM.

WBK/WBBM merupakan apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi menuju zona integritas. Menurut Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB, M. Yusuf Ateh, pada tahun 2019, pembangunan Zona Integritas berfokus pada Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (STRANAS PK). Tahapan dalam pembangunan Zona Integritas dilakukan dalam enam tahapan. Pertama adalah perancangan Zona Integritas pada unit kerja. Langkah kedua yaitu pembangunan terhadap enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Langkah ketiga yaitu dilakukan penilaian oleh Tim Internal.

Selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional sebagai langkah keempat berupa ekspose desk evaluation pada tanggal 24-25 September 2019 bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat dan survei ke unit kerja terkait yag dilakukan pada bulan Oktober dan November tahun 2019. Langkah kelima berupa penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM dan selanjutnya sebagai langkah terakhir dilakukan penyerahan penghargaan WBK/WBBM kepada unit kerja pelayanan tersebut.

Kementerian Pertanian senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Untuk tahun 2019, Kementerian Pertanian mengusulkan calon unit kerja WBK dan WBBM tahun 2019 sebanyak 40 unit kerja terdiri dari 6 calon unit kerja WBBM dan 34 calon unit kerja WBK sesuai dengan surat Menteri Pertanian nomor B-2206/PW.410/A/05/2019 perihal Usulan Pengajuan Unit Kerja WBK dan WBBM Nasional Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2019. Menteri Pertanian mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin perubahan yang berhasil membangun Zona Integritas secara masif untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Kementerian Pertanian menerima 6 penghargaan dengan predikat WBK untuk 6 unit kerja yang telah berupaya dan berkomitmen untuk memberantas korupsi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,  yaitu Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang, Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturaden, dan Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Lampung. Penghargaan diberikan oleh Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo, didampingi oleh Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan Siahaan, AK., MACC, CA, QIA dan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Drs. Abdul Halim, M.Si. (AK/Biro OK)