Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Taman Baca Kementan Sumber Inspirasi Raih Penghargaan Nasional

Taman Baca PUSTAKA, Kementerian Pertanian di Dramaga memiliki kesan tersendiri bagi mahasiswa IPB, dan telah memberi inspirasi bagi Nurhatul Ulfah.  Akrab di panggil Ulfah, mahasiswa IPB Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (FEMA) untuk maju dalam kategori proposal terbaik pada ajang Festival Pemuda 2019 yang digelar pada 13-18 Oktober 2019 di Semarang.

Kegiatan Festival Pemuda diselenggarakan oleh Yayasan Harapan Pemuda Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.  Tema yang diangkat oleh Ulfah adalah kegiatan mahasiswa IPB bersama anak-anak yang dilakukan di Taman Baca PUSTAKA.  Yaitu pengenalan terhadap dunia pertanian kepada anak-anak dan orang tuanya, kelas angklung, tari, prakarya, sampai kelas tambahan mata pelajaran.  Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari para juri.

Sebagai tindak lanjut, Ulfah mengungkapkan bahwa ia dan teman-temannya semakin giat melanjutkan kegiatan yang sudah ada serta menambah  kelas komputer dan kelas bersama ibu-ibu masyarakat sekitar untuk menggerakkan pertanian keluarga di kawasan terdekat dengan memanfaatkan pekarangan atau teras rumah. Mahasiswa tingkat III tersebut berharap aksi sosial  ini bisa tersebar luas secara nasional, minimal di Provinsi Jawa Barat.

Kepala PUSTAKA, Retno Sri Hartati Mulyandari  menyambut baik dan siap bekerja sama sebagai wujud “Corporate Social Responsibility (CSR)_PUSTAKA on the spot” dengan masyarakat. Upaya ini dilakukan untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas dan cinta pertanian.Selaras dengan program PMS_Pertanian Masuk Sekolah yang digaungkan Menteri Pertanian pada Pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXIX di Desa Podambu, Kec.Angata, Konawe Selatan Sulawesi Tenggara”, ujar Retno di sela-sela arahannya pada Tim IPB kolaboratif antara mahasiswa S1 dan vokasi IPB pada penerimaan kunjungan siswa SDN Cibungbulang di Taman Baca Dramaga 5 Nov 2019.(JA/PUSTAKA)