Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

DORONG KETERTIBAN ADMINISTRASI KEUANGAN: DITJEN PERKEBUNAN ADAKAN PERTEMUAN PEMBAHASAN DAN PENYUSUNAN PETUNJUK PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN SATKER TAHUN ANGGARAN 2020

 

Dalam pengelolaan anggaran, ketertiban administrasi keuangan adalah hal yang sangat penting, kegiatan itu meliputi  perencanaan, pengaturan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan.

Ketertiban administrasi keuangan yang baik akan berdampak positif pada produktivitas dan suasana kerja organisasi Pemerintah. Dengan begitu, maka pengelolaan keuangan di suatu organisasi Pemerintah akan lebih tertata dengan baik dan menghasilkan output yang sangat baik.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan DIPA tahun anggaran 2020 dan tertib administrasi keuangan serta peningkatan kinerja Satuan Kerja, Direktorat Jenderal Perkebunan menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Pembahasan dan Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Satker Direktorat Jenderal Perkebunan Tahun Anggaran 2020 di Swiss-bel Boutique Hotel Yogyakarta yang berlangsung pada tanggal 14-16 November 2019. Pertemuan ini dibuka oleh Direktur Jenderal Perkebunan Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc, dalam arahannya beliau  mengatakan bahwa Satker haruslah semakin tertib administrasi dan taat pada aturan dalam pengelolaan keuangan dan juga membuat standar siklus penggunaan dan pemanfaatan anggaran dengan SOP yang  tepat dan cepat, sehingga akan mempercepat kinerja organisasi. Selain itu beliau juga menginstruksikan terhadap alat kantor atau kendaraan dinas operasional yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai untuk segera dihapus.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep tanya jawab dan pembahasan petunjuk pelaksanaan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Hasil pertemuan tersebut membuahkan konsep petunjuk pelaksanaan pengelolaan anggaran tahun anggaran 2020 dan juga menghasilkan kesepakatan-kesepakatan lain yang bertujuan untuk mewujudkan Direktorat Jenderal Perkebunan yang bersih transparan dan akuntabel. (YAW-BUN)