Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Penyusunan Soal Seleksi Kompetensi Bidang Pertanian Tahun 2019

Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 15 dan 16 Oktober 2019, Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian menyelenggarakan Kegiatan Penyusunan Soal Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan di Hotel Horison, Bogor. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Rapat Penyusunan Materi Seleksi Kompetensi Bidang Pertanian yang dilaksanakan pada bulan sebelumnya. Adapun tim penyusun materi dan soal berasal dari masing-masing unit kerja eselon I yang membina jabatan fungsional rumpun ilmu hayat pertanian dan dinilai kompeten untuk membuat dan melakukan telaah soal.     

Kegiatan Penyusunan Soal Seleksi Kompetensi Bidang dibuka dengan pengarahan dari Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai terkait metode teknis khususnya dalam penyusunan dan telaah soal. Penyelenggara juga mengundang narasumber dari Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) ASN BKN untuk memberikan materi mengenai pedoman atau langkah penyusunan soal seleksi kompetensi bidang, dimulai dari perencanaan soal, penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan soal, dan penelaahan soal. Selain itu, narasumber dari Kementerian PANRB yang terlibat ke dalam Panitia Seleksi Nasional untuk pengadaan CPNS juga menyampaikan materi mengenai pentingnya penyusunan dan penelaahan soal dalam proses rekrutmen CPNS. Seleksi Kompetensi Bidang menjadi tahap seleksi yang menentukan calon pegawai terbaik yang akan mengisi formasi tertentu. 

Pada kegiatan tersebut, para penyusun materi dan soal dikelompokkan ke dalam 24 tim yang masing-masing terdiri dari 6-10 pejabat fungsional/ahli sesuai dengan jabatan fungsional keahlian maupun keterampilan. Pembahasan, pembuatan, dan penelaahan soal dilakukan melalui metode diskusi untuk mencapai target jumlah soal yang telah ditentukan. Selain dari aspek materi, penelaahan soal juga memerhatikan konstruksi dan bahasa sehingga soal-soal yang dihasilkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan Pakta Integritas, sebagai bentuk komitmen bersama Tim Penyusun terhadap kerahasiaan soal yang disusun.

Secara umum, kegiatan berjalan dengan lancar dan tim yang terlibat juga telah berkomitmen untuk menjaga integritas dan profesionalitas selama proses kerja. (Puri-Biro OK).