Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

UMUM

Polbangtan Gelar Wisuda Virtual di Tengah Pandemi

pelaksanaan wisuda yang yang diselenggarakan oleh Polbangtan Yogyakarta-Magelang (YoMa). Prosesi wisuda dilaksanakan secara drive thru oleh 21 perwakilan wisudawan yang berdomisili di DIY dan selebihnya wisudawan melakukannya secara daring.

Peran Taman Baca PUSTAKA Dramaga: Inisiasi Pembentukan Kelompok Wanita Tani Bale Mandiri Pangan

Berdirinya Taman Baca Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Dramaga, model perpustakaan berbasis inklusi sosial, telah membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Berbagai macam koleksi pertanian yang tersedia menarik masyarakat sekitar untuk berkunjung. Taman Baca yang berfungsi juga sebagi show room kegiatan pertanian banyak dikunjungi oleh ibu-ibu untuk belajar model pertanian hidroponik. Ketertarikan ini mendorong para ibu membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Bale Mandiri Pangan yang berlokasi di Kelurahan Balungbang Jaya. Taman Baca PUSTAKA berperan dalam memfasilitasi KWT dengan berbagai pelatihan serta mendukung dari segi sarana dan prasarana. Dalam kegiatannya KWT didampingi oleh penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor.

Pekan Ceria PUSTAKA Kementan

Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, PUSTAKA bersama dengan Kampoeng Dongeng Indonesia menyelenggarakan even nasional. Acara yang bertajuk Pekan Ceria bersama PUSTAKA Kementerian Pertanian dilaksanakan pada Minggu 6 September 2020 mulai pukul 07.30-9.30. Partisipan antusias mengikuti via zoom dan streaming YouTube. Riko Bintari, Kabid Perpustakaan, dalam sambutannya mengungkapkan mendongeng merupakan sarana untuk mengenalkan dunia pertanian kepada generasi muda khususnya anak dengan cara yang menyenangkan. Melalui acara yang bertema Pertanian Indonesia Maju, Mandiri, Modern diharapkan dapat menggugah kaum muda untuk aktif mengambil peran di dunia pertanian.

Pacu Potensi Ekspor, Mentan SYL Tinjau Hulu hingga Hilir Sektor Pertanian di Babel

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Provinisi Bangka Belitung (Babel), Jumat (7/8) dan Sabtu (8/8). Dalam kunjungan kerjanya, Mentan didampingi oleh Gubernur Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan, Joestian Noer. Pada kesempatan hari pertama kemarin, serangkaian kegiatan berupa panen raya, pemberian bantuan serta kunjungan ke sentra produk pertanian.

E-Commerce Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

Guna mendorong fasilitasi ekspor komoditas pertanian, pada 5-6 Agustus 2020, Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pertanian melaksanakan Focus Group Discussion Akselerasi Pasar Ekspor melalui E-Commerce pertanian.

Buku Profil Indikasi Geografis (IG) sebagai Sarana Promosi Produk Pertanian

Berdasarkan definisi Indikasi Geografis (IG) di atas, IG merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemegang hak IG yang terdaftar, selama reputasi, kualitas, dan karakteristik yang menjadi dasar diberikannya perlindungan atas IGtersebut masih ada.

Kampanye Diversifikasi/Penganekaragaman Pangan kepada Pegawai Negeri Sipil

Kepala Badan Ketahanan Pangan menyampaikan kampanye diversifikasi pangan di ruang rapat Nusantara I gedung E di Badan Ketahanan Pangan (BKP) kepada seluruh pegawai BKP dengan menerapkan protokol kesehatan Covid19 dan melalui video conference pada tanggal 3 Agustus 2020

Peduli Covid-19, ASN Karantina Pertanian Bahu Membahu Berikan Bantuan Solidaritas

Kementerian Pertanian melalui 10 unit kerjanya, termasuk Badan Karantina Pertanian dan seluruh Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian di tanah air melakukan aksi solidaritas yang dikomandani oleh organisasi Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri).