Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Kementan Raih 2 Penghargaan pada BKN Award 2023

BANDUNG - Dalam rangka memperkuat konsolidasi dalam pembinaan Manajemen Kepegawaian dengan seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian dan membangun komitmen bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian BKN Tahun 2023, dengan tema "Talent Management 2030: Smart, Agile, and Empathy" di Hotel Pullman Bandung tanggal 30 Mei 2023.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian BKN Tahun 2023 tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI yaitu Bapak K.H. Ma’ruf Amin, yang sangat mengapresiasi acara Rapat Koordinasi Nasional dan berharap manajemen talenta ASN semakin maju dan memaksimalkan pelayanan publik berbasis digital.

Pada kesempatan ini BKN juga mengumumkan penghargaan bagi pengelola kepegawaian terbaik melalui BKN Award Tahun 2023 sebagai bentuk apresiasi atas komitmen instansi pemerintah dalam mendukung kemajuan kinerja birokrasi, khususnya dalam manajemen ASN. Penghargaan untuk kategori Instansi Pemerintah Pusat terdiri dari Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dan Instansi Daerah terdiri dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, serta Pemerintah Kabupaten/Kota. 

Adapun penilaian BKN Award 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu: Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Pengembangan Kompetensi; Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT. Ketiga, kategori special mention yakni Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN. 

Kementerian Pertanian berhasil meraih 2 penghargaan yaitu:

  1. Peringkat pertama untuk Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja Tingkat Kementerian Tipe Besar; dan
  2. Implementasi NSPK Manajemen ASN terbaik.
Pada kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Kementerian Pertanian meraih peringkat 1 (satu) dan mengalahkan 4 (empat) Kementerian Besar, yaitu (2) Kementerian Kelautan dan Perikanan; (3) Kementerian Komunikasi dan Informatika; (4) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; serta (5) Kementerian Hukum dan HAM. 
 
Pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat dan Instansi Daerah ini diharapkan menjadi pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN, khususnya dalam mendukung sistem manajemen ASN berbasis sistem merit. RAN