Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Peran Taman Baca PUSTAKA Dramaga: Inisiasi Pembentukan Kelompok Wanita Tani Bale Mandiri Pangan

Berdirinya Taman Baca Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA)  Dramaga,  model perpustakaan berbasis inklusi sosial, telah membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Berbagai macam koleksi pertanian yang tersedia menarik masyarakat sekitar untuk berkunjung. Taman Baca yang berfungsi juga sebagi show room kegiatan pertanian banyak dikunjungi oleh ibu-ibu untuk belajar  model pertanian hidroponik. Ketertarikan ini mendorong para ibu membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Bale Mandiri Pangan yang berlokasi di Kelurahan Balungbang Jaya. Taman Baca PUSTAKA berperan dalam memfasilitasi KWT dengan berbagai pelatihan serta mendukung dari segi sarana dan prasarana. Dalam kegiatannya KWT didampingi oleh penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor.

Sebagai tindak lanjut, PUSTAKA sebagai pengelola Taman Baca Dramaga berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kota Bogor pada 6 Agustus 2020 mengukuhkan KWT Bale Mandiri Pangan. Kabid Perpustakaan, Riko Bintari Pertamasari, yang mewakili PUSTAKA dalam kesempatan tersebut memberikan penjelasan mengenai Taman Baca Dramaga dan kegiatannya  untuk pemberdayaan masyarakat .

Camat Bogor Barat dalam sambutannya menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PUSTAKA dalam menginisiasi hadirnya KWT di wilayah Kecamatan Bogor Barat.  Sebagai  perpustakaan berbasis inklusi sosial telah mengedukasi dan memberdayakan masyarakat sekitar memanfaatkan pekarangan yang dapat mempertahankan ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Pada acara ini, Kabid Penyebaran Teknologi Pertanian, Ifan Muttaqien memberikan paket buku-buku teknologi pertanian untuk dimanfaatkan kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Bogor Barat. Perwakilan Direktorat Jenderal Hortikultura memeberikan  bantuan benih, dan perwakilan dari Dinas ketahanan Pangan Kota Bogor memberikan bantuan buku-buku administrasi.