Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Pengantar

Undang-Undang Nomor 17 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025 dalam Bab IV butir 1,2 menyatakan bahwa “pembangunan aparatur negara dilakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik di pusat maupun di daerah”.

Kebijakan tersebut di atas dilatarbelakangi kondisi birokrasi secara umum yang masih belum dapat memenuhi harapan publik, yaitu birokrasi yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), akuntabel dan transparansi, memberikan pelayanan masyarakat dengan profesional, berkualitas. Padahal posisi birokrasi sebagai regulator, fasilitator, dinamisator dan motivator mempunyai peran sentral dalam pembangunan nasional. Kondisi birokrasi seperti tersebut di atas, akan berdampak terhadap pencapaian tujuan pembangunan nasional dan pembangunan pertanian yang merupakan pilar pembangunan perekonomian nasional melalui pembentukan Produk Domestic Bruto (PDB), penyediaan sumber devisa melalui ekspor, penyediaan pangan dan pakan, sumber bahan baku industri, pengentasan kemiskinan, penyediaan sumber devisa melalui ekspor, penyediaan lapangan kerja dan perbaikan pendapatan masyarakat. Dalam upaya mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan berkualitas, maka perlu dilakukan area perubahan, upaya yang inovatif sesuai dengan program reformasi birokrasi. Untuk dapat melaksanakan program dan kegiatan reformasi birokrasi secara tertib, teratur, dan fokus dalam area perubahan, telah disusun dan ditetapkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 15/Permentan/ OT.240/4/2016 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019. Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019 ini menjadi pedoman sekaligus arah dalam mempersiapkan dan melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Semoga cita-cita kita untuk membangun birokrasi Kementerian Pertanian menuju birokrasi modern, profesional, dan amanah diridhoi oleh Allah SWT. Amin