Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

AUDIT MUTU INTERNAL SISTEM MANAJEMEN MUTU SNI ISO 9001:2015 BBPPTP MEDAN T.A. 2019 SEBAGAI UPAYA TETAP MENJAGA KEPUASAN PELANGGAN

Medan - Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Selasa (27/08/2019), menyelenggarakan acara Pertemuan Perencanaan dan Penjadwalan Kegiatan Audit Mutu Internal Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 BBPPTP Medan T.A. 2019 di Aula Kantor BBPPTP Medan. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala BBPPTP Medan Drs. Sigit Wahyudi, MM selaku Pimpinan Puncak. Turut hadir juga Pejabat Eselon III dan IV beserta seluruh Pegawai BBPPTP Medan yang tergabung dalam Tim Audit Mutu Internal.

Pada kesempatan itu, Kepala BBPPTP Medan Drs. Sigit Wahyudi, MM., dalam arahannya menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan Audit Mutu Internal di BBPPTP Medan merupakan bagian pemenuhan persyaratan dalam rangka kegiatan penilaian kesesuaian atau surveilans oleh Lembaga Sertifikasi terhadap Sertifikat SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu yang telah diperoleh BBPPTP Medan selama ini. Tidak hanya itu, pentingnya kegiatan hasil audit mutu internal ini juga memberikan gambaran tentang hal-hal apa yang harus ditingkatkan terutama terkait kepuasan pelanggan di BBPPTP Medan. Oleh sebab itu, beliau mengharapkan kegiatan audit mutu internal seperti ini kalau bisa dilaksanakan dua kali setahun”, ucapnya (27/8).

Sigit Wahyudi juga menambahkan dalam arahannya bahwa “tahun 2020 BBPPTP Medan memiliki banyak kegiatan dalam pelaksanaan tupoksinya. BBPPTP juga sedang mempersiapkan peningkatan kegiatan pelayanan sistem on-line sertifikasi perbenihan, serta peningkatan sistem pemantauan persoalan perbenihan dan proteksi perkebunan di seluruh wilayah kerja. Sehingga, meskipun dengan anggaran terbatas yang dimiliki, namun tupoksi BBPPTP Medan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar demi kepuasan pelanggan dan masyarakat petani. Selain itu, tahun 2020 BBPPTP juga mendapat tugas dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian untuk menuntaskan kegiatan Bun500 terkait produksi dan penyaluran benih perkebunan di wilayah kerja BBPPTP Medan. Maka itu, kita harus meningkatkan dan menyempurnakan sistem manajemen kita terlebih dahulu, sehingga pekerjaan kita kedepannya lebih ter-manage dan sesuai dengan aturan yang ada. Melalui kegiatan audit mutu internal ini, semoga BBPPTP Medan bisa meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, tambahnya (27/8).

Akhir arahannya, Kepala BBPPTP Medan mengapresiasi seluruh Tim Audit yang telah disusun, dan mengharapkan seluruh tahapan kegiatan audit mutu internal nantinya harus selesai sesuai waktu yang ditetapkan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Koordinator dan seluruh Tim Audit Mutu Internal yang akan melaksanakan kegiatan audit dan mengucapkan selamat bekerja.

Acara pertemuan ini dipimpin oleh Koordinator Audit Mutu Internal BBPPTP Medan Ir. Syahnen, MS, telah menetapkan tanggal 2 s/d 4 September 2019 merupakan pelaksanaan audit mutu internal di BBPPTP Medan. Selain itu, Koordinator Audit dalam acara pertemuan tersebut juga telah menetapkan sebanyak 8 Tim Audit serta tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Tim Auditor yang dipilih telah berdasarkan kompetensi dan telah memperoleh Sertifikat Auditor maupun Sertifikat Auditor Internal, serta tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip audit.

Kegiatan Audit Mutu Internal Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2015 di BBPPTP Medan Tahun 2019 ini mencakup sumber daya, manajemen, prosedur dan dokumentasi seluruh kegiatan yang ada di BBPPTP Medan. Hasil kegiatan audit ini selanjutnya akan disampaikan kepada Lembaga Sertifikasi sebagai bahan persyaratan dalam rangka surveilans evaluasi Sertifikat SNI ISO 9001: 2015 yang dimilki BBPPTP Medan. (YAW-DITJENBUN)