Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Reformasi Birokrasi di Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung dan Balai Veteriner Lampung siap disurvei Tim Survei Kemenpan RB

Menindaklanjuti Surat Kemen PAN RB Nomor B/32/RB.04/2019 tanggal 11 Juli 2019 terkait dengan Survei Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pertanian menyambut dengan baik survei hasil pelaksanaan reformasi birokrasi dengan mengirimkan Tim Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian sebagai pendamping Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai instansi yang ditunjuk oleh Kemen PAN RB dalam melakukan survei hasil pelaksanaan reformasi birokrasi.

Untuk menjalankan fungsi pendampingan reformasi birokrasi ke Unit Pelayanan Teknis (UPT), Tim Reformasi Birokrasi dari Biro Organisasi dan Kepegawaian melakukan kunjungan ke UPT di Lampung yaitu Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung (BKP Kelas I Bandar Lampung) dan Balai Veteriner Lampung (Bvet Lampung) pada tanggal 19 s.d 20 Agustus 2019.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Bapak Sujianto, S.H selaku Kepala Subbagian Tata Usaha BKP Kelas I Bandar Lampung dan Bapak Drs. Nanang Suryana, M.M selaku Kepala Subbagian Reformasi Birokrasi dan SPI, Biro Organisasi dan Kepegawaian. “Penerapan aplikasi SMART di bidang keuangan dan IQFAST di bidang pelayanan masyarakat berupa proses transaksi pembayaran jasa dengan menggunakan mesin EDC sehingga meminimalkan transaksi tunai langsung. Hal ini sudah dilakukan BKP Kelas I Bandar Lampung dalam rangka mendukung penguatan Zona Integritas”, ujar Kepala Subbagian Tata Usaha BKP Kelas I Bandar Lampung, Bapak Sujianto, S.H, Lampung, Senin (19/08/2019). Selain itu dalam hal area penguatan SDM, BKP Kelas I Bandar Lampung senantiasa melakukan pembinaan kepegawaian maupun teknis perkarantinaan berupa kegiatan workshop ataupun bimbingan teknis (bimtek).

Lokasi pendampingan dan internalisasi reformasi birokrasi berikutnya yaitu Balai Veteriner Lampung (Bvet Lampung). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Bapak Drh. Nasirudin, M. Sc selaku Kepala Balai Veteriner Lampung, Ibu. Drh. Enny Saswiyanti, M. Si selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Bvet Lampung, Bapak Drs. Nanang Suryana, M.M selaku Kepala Subbagian Reformasi Birokrasi dan SPI, Biro Organisasi dan Kepegawaian, dan Tim Auditor Inspektorat IV. Agenda pertemuan tersebut terkait dengan internalisasi reformasi birokrasi dan Sosialisasi terkait Standar Pelayanan Publik. Persiapan juga sudah dilakukan oleh BVet Lampung untuk menyambut Tim Survei BPS dalam rangka penilaian hasil reformasi birokrasi terkait dengan pelayanan publik dan persepsi anti korupsi.