Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Kementan Gaungkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Balai Besar pelatihan Peternakan Kupang mengadakan sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZIWBK/WBBM).

 
Sosialisasi dilakukan untuk persiapan Penilaian ZI Tingkat Nasional Tahun 2023 yang dilakukan oleh Menpan RB. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. Ir. Yulia Kurniawati, M.Si. dan dihadiri oleh seluruh pegawai BBPP Kupang (01/06/2023).
 
BBPP Kupang merupakan salah satu lembaga publik di bawah Kementerian Pertanian sangat mendukung serta berkomitmen menjadi badan public yang berintegritas dan berkomitmen untuk mendukung serta menjadikan BBPP Kupang sebagai kawasan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani (WBK/WBBM).
 
BBPP Kupang turut mendukung dan mengikuti pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi sejak tahun 2020 (pencanangan) sampai dengan mendapat Predikat Kerja WBK di tingkat Kementerian Pertanian dengan Nilai ZI WBK 84.65 dan masuk ke penilaian nasional yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.
 
Kepala BBPP Kupang, Dr. Ir. Yulia Kurniawati menuturkan bahwa zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan seluruh jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK Dan WBBM melalui reformasi birokrasi.
 
"Khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Itu outcome yang mau dicari. Jadi seluruh kegiatan yang kita lakukan tujuanya supaya tidak ada korupsi dan masyarakat puas dengan pelayanan yang kita vberikan," kata Yulia.
 
Untuk mendukung kinerja BBPP yang adaptif, cepat, akurat dan responsibility maka perlu dicetuskan inovasi-inovasi di BBPP Kupang dan BBPP Kupang banyak melakukan inovasi untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik untuk memperkecil potensi pungli, gratifikasi dan korupsi pada pelayanan yang menjasi tusi BBPP Kupang. Inovasi itu diantaranya Sistem Aplikasi Pelayanan Infromasi PKL, Magang, dan Penelitian BBPP Kupang (SAPIKU), Kasih Sewa Aula dan Asrama (KASHIWA), Learning Management System (LMS), Singgako, Bengkel Sapi, dll. NK