Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Kementan Lakukan Penyusunan Formasi pada Lingkup BPPSDMP

Menindaklanjuti surat Menpan RB, BPPSDMP lingkup Kementerian Pertanian melakukan kegiatan pertemuan tentang formasi pegawai pada tanggal 13-14 April 2023 di Kantor Pusat Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian, Gedung D lantai 6. Kegiatan ini dihadiri oleh staff kepegawaian dari seluruh unit kerja pelaksana teknis di lingkup BPPSDMP.

Formasi pegawai merupakan sebuah penetapan serta mutu pegawai yang diperlukan yang didasarkan atas kondisi yang nyata ( riil ), volume pekerjaan, dan bayangan perkembangan organisasi yang wajib dicoba supaya sebuah instansi pemerintah ataupun organisasi itu dapat melakukan tugasnya secara efisien serta efektif serta berkelangsungan.

Menpan RB melalui surat B/512/M.SM.01.00/2023 tentang pengadaan Aparatur Sipil Negara tahun 2023, yang mana surat tersebut ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah untuk segera menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan ASN yang mendukung pencapaian tujuan instansi pemerintah.

Kegiatan pertemuan ini dibuka secara langsung oleh ibu Sekretaris Badan Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si. Dalam pembukaannya belum mengatakan bahwa dalam penyusunan kebutuhan dan pengisian eformasi jangan hanya memikirkan jabatan fungsioanl yang itu itu saja, tapi pikirkan jabatan fungsional yang nantinya mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Untuk unit kerja pelatihan kedepannya akan membutuhkan talent talent khusus karena kepegawaian akan berbasis talenta. Smart greenhouse, pasca panen, pengolahan harus sudah mulai dibangun untuk persiapan kedepannya” lanjut munifah.

Penyusunan kebutuhan pegawai di lingkungan Kementerian Pertanian ini merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan secara sistematis agar tersusun kebutuhan pegawai selama 5 (lima) tahun pada unit kerja eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian.

Proses penyusunan kebutuhan pegawai dimulai dengan melakukan dan menyempurnakan beberapa dokumen terkait dengan perkembangan lingkungan strategis untuk untuk mewujudkan visi dan misi Kementerian Pertanian antara lain: dokumen analisis jabatan; dokumen analisis beban kerja; peta jabatan; proyeksi kebutuhan PNS; dan kebutuhan PNS. NK