Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Tim Pokja Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian Benchmarking Implementasi Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan

 Jakarta (26/01) Tim Pokja Reformasi Birokrasi (RB) Kementerian Pertanian melaksanakan benchmarking ke Kementerian Keuangan dalam rangka memberikan pengayaan dan sharing knowledge terkait implementasi reformasi birokrasi. Kementerian Keuangan dipilih secara khusus oleh Tim Pokja RB Kementerian Pertanian, sebagai salah satu instansi yang berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan capaian-capaian yang berhasil diraih sebagai role model dalam perbaikan implementasi RB di Kementerian Pertanian.

Diterima dengan hangat oleh Nur Eko Budianto mewakili Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Arie Sulistiyo Budi selaku perwakilan Tim Central Transformation Office (CTO) dan Tim, bertempat di Ruang Rapat Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Tim Pokja RB Kementerian Pertanian hadir bersama perwakilan masing-masing 8 area perubahan reformasi birokrasi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara on site dan zoom meeting melalui diskusi dengan sesi tanya jawab Tim RB Kementerian Keuangan menyampaikan mengenai pengelolaan reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan ditangani oleh Tim CTO yang berdedikasi penuh untuk menangani reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan.

Pembahasan mengenai strategi implementasi reformasi birokrasi, mulai dari inovasi dan digitalisasi dalam mendukung proses bisnis serta program prioritas, pembangunan ZI WBK-WBBM, penguatan peran agen perubahan, mengubah mindset dan cultureset pegawai di Kementerian Keuangan agar reformasi birokrasi menjadi habit yang dilaksanakan secara konsisten oleh setiap pegawai. Tidak kalah penting Tim RB Kementerian Keuangan menekankan dukungan dan komitmen dari Pimpinan tertinggi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, sebagai teladan atau role model bagi pegawai yang berada di bawahnya. Transformasi digital, dan modernisasi kelembagaan juga menjadi penguatan dalam mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi.

Diharapkan kegiatan benchmarking ini akan dapat memperkuat dan memberikan sudut pandang baru bagi Tim Pokja RB Kementerian Pertanian, dan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja seluruh pegawai di Kementerian Pertanian. Tidak menutup kemungkinan, kedepan kegiatan benchmarking akan dilaksanakan dengan instansi kementerian/lembaga lain yang dipandang berhasil dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi, untuk reformasi birokrasi Kementerian Pertanian yang dapat menjawab tantangan saat ini dan di masa depan. DK