Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

SETDITJEN PSP Memupuk Kebersamaan dan Kekompakan Melalui Peningkatan Character Building

 Pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu visi Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, yang  digaungkan di seluruh kementerian/lembaga.  Sekretariat Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian dalam rangka memberikan motivasi dan membangun The Winning Team pada 22 s.d 23 Nopember 2019 bertempat di Bumi Tapos, Ciawi menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Character Building. Peserta adalah Pegawai lingkup Sekretariat Ditjen berjumlah 80 (delapan puluh orang).    

 

Motivasi ibarat bensin pada sebuah kendaraan. Jika tidak ada bensin, kendaraan tidak dapat beroperasi dengan baik. Demikian halnya dengan motivasi Pegawai  di sebuah instansi. “Bekerjalah untuk meningkatkan nilai dirimu, jangan pernah berfikir  bahwa kita bekerja demi perusahaan ataupun instansi. Perusahaan bisa selesai, instansi bisa saja direstrukturisasi akan tetapi value dari diri kita tidak akan pernah lekang, bahkan ketika tinggal nama baik yang dikenang. Bekerjalah dengan jiwa yang tenteram, bekerjalah dengan hati, dan bekerjalah dengan rasa kebersamaan. Dengan kebersamaan pekerjaan yang berat terasa ringan”. Itulah sekelumit pesan yang disampaikan Sekretaris Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Mulyadi Hendiawan  pada saat membuka kegiatan. Hal ini sejalan dengan nilai budaya kerja di Kementerian Pertanian.

 

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 20 tahun 2015 tentang Pedoman Nilai Budaya Kerja Bagi Pegawai Kementerian Pertanian, berisi 5 (lima) nilai sebagai berikut: Komitmen, Keteladanan, Profesionalisme, Ingeritas dan Disiplin. Setiap penerapan nilai setiap tahun  dilakukan pengukuran, mengacu Peraturan Menteri pertanian Nomor 32 tahun 2015 tentang Pedoman Pengukuran Indeks Penerapan Nilai Budaya Kerja di Lingkungan Kementerian Pertanian. Seluruh Pegawai wajib mengisi kuesioner, selanjutnya diolah dan dijadikan dasar evalusasi penerapan budaya kerja.

 

Langkah tindak lanjut perbaikan hasil evaluasi antara lain dilakukan melalui kegiatan peningkatan caracter building, yang acaranya disesuaikan dengan permainan untuk mengangkat nilai yang masih rendah. Kegiatan ini diharapkan dapat  dilaksanakan oleh Direktorat lingkup Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian.(IZ/Ditjen PSP)