Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Tingkatkan Layanan Publik, Pustaka On The Spot Hadir di Komunitas Pertanian

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) mulai mengembangkan layanan untuk lebih dekat dengan komunitas. Pustaka On The Spot adalah layanan dari Pustaka untuk komunitas yang terkait dengan dunia pertanian. Saat ini komunitas yang disasar adalah penyuluh dan kelompok tani. Pada hari Rabu 4 September 2019, Pustaka On The Spot telah tersedia di Dinas Pertanian Kota Bogor.  Mini Perpustakaan ditempatkan di Ruang Rapat Bidang Penyuluhan,  Dinas Pertanian Kota Bogor.  Terbangunnya PUSTAKA On The Spot memudahkan penyuluh dan kelompok tani untuk akses  saat pertemuan atau diskusi kelompok. Bahan pustaka yang disediakan terdiri atas buku  dan majalah pertanian serta komik pertanian. Sebagian besar bahan informasi berisi teknologi tepat guna yang sesuai untuk pertanian perkotaan. Hasil diskusi dengan penyuluh, bahwa informasi tentang pasca panen banyak diperlukan. 

H. Dian Herdiawan, SP., M.M , Kepala Bidang Penyuluhan, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama PUSTAKA dan Dinas Pertanian dalam pengembangan PUSTAKA On The Spot. Dengan kerja sama ini penyuluh dan kelompok tani semakin mudah dalam mencari informasi dan mempunyai bekal ajar untuk dikembangkan di masyarakat.  Imam Santosa, Penyuluh Pertanian, menyatakan terima kasih dengan kegiatan Pustaka On The Spot.  Kegiatan ini  sangat bermanfaat untuk peningkatan kinerja. Sumbangan koleksi akan menjadi sumber ilmu bagi pembacanya dan akan terus diupayakan bertambah secara mandiri. Pustaka On The Spot menjadi alat ungkit untuk kegiatan literasi.

Selain pengembangan perpustakaan, pembelajaran literasi juga diberikan PUSTAKA kepada penyuluh, sehingga mereka dapat mengidentifikasi, menemukan, dan mengevaluasi sumber informasi yang ditemukan, serta kemampuan untuk menggunakan informasi tersebut.(JA/Pustaka)