Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Aplikasi Bidang Kepegawaian Dorong Pelayanan Kepegawaian Kementan yang Cepat dan Akurat

Depok (13-14/9/2019), Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian menyelenggarakan pertemuan membahas aplikasi di bidang kepegawaian Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di Hotel Santika, Depok. Pembahasan dilakukan dengan metode presentasi dan diskusi untuk mendapatkan ide-ide dan masukan, sebagai bahan  penyempurnaan masing-masing aplikasi.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, dan dihadiri para pejabat Administrator, Pengawas dan Pejabat Fungsional serta  Pelaksana yang berkaitan dengan pemanfaatan aplikasi lingkup Biro OK.  

Pembahasan diawali dengan pemaparan Rancangan Peraturan Menteri Pertanian tentang Manajemen Talenta Kementerian Pertanian dan dilanjutkan dengan diskusi. Setelah pembahasan tersebut, Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Pegawai menyampaikan Aplikasi e-Talenta. Dari hasil pemaparan dan diskusi dengan peserta pertemuan, diperoleh beberapa masukan mengenai aplikasi e-Talenta, baik dalam konten aturan maupun teknis tampilan aplikasinya.

Acara dilanjutkan dengan paparan aplikasi e-mutasi oleh Kepala Bagian Mutasi. Aplikasi e-mutasi dibangun dengan dilatarbelakangi oleh kegiatan mutasi khususnya jabatan fungsional yang saat ini dilaksanakan secara manual dan dengan adanya aplikasi ini, dapat mempercepat proses administrasi di bidang jabatan fungsional.

Setelah itu, dilanjutkan lagi paparan aplikasi ABK Online dan IKM Online yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Evaluasi Organisasi dan Kepala Subbagian Budaya Kerja. Manfaat aplikasi ABK Online yaitu sebagai bahan penataan atau penyempurnaan organisasi baik secara parsial maupun keseluruhan serta, untuk mengetahui keseimbangan beban kerja antar unit kerja, sebagai bahan penyempurnaan sistem dan prosedur kerja, sebagai pendukung dalam perencanaan kebutuhan pegawai (formasi, mutasi, rotasi), dan sebagai bahan pendukung dalam menjaga keseimbangan beban kerja dan SDM serta penyempurnaan peta jabatan. Acara selanjutnya merupakan paparan Aplikasi e-Kinerja dan e-Kehadiran yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Tatalaksana. Beberapa hasil evaluasi pemanfaatan aplikasi di lapangan, menjadi bahan masukan untuk penyempurnaan aturan dan kebijakan terkait penilaian kinerja dan pemantauan disiplin pegawai.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula tim programmer atau pengembang aplikasi dan Kepala Subbidang Aplikasi Sistem Informasi dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga pembahasan teknis mengenai pengelolaan sistem informasi di lingkungan Kementerian Pertanian terutama dukungan infrastruktur.  

Pada akhir acara, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian menyampaikan beberapa arahan, di antaranya agar seluruh pejabat Pengawas dan Pelaksana senior bersama-sama menguasai seluruh materi dan aplikasi bidang kepegawaian, sehingga sudah dapat melakukan pembinaan ke seluruh unit kerja lingkup Kementerian Pertanian. Disamping itu, agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan materi, aplikasi dan hal-hal lainnya yang terkait bidang organisasi dan kepegawaian. Dengan adanya dukungan aplikasi yang terus disempurnakan mengikuti kebutuhan organisasi, diharapkan pelayanan Biro Organisasi dan Kepegawaian kepada seluruh unit kerja maupun pegawai dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. (Puri-Biro OK)