Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Sasaran dan Indikator Keberhasilan RB

 

Terdapat 3 (tiga) sasaran reformasi birokrasi

1. Birokrasi yang bersih dan akuntabel.

    Arah kebijakan dari sasaran ini meliputi:

    a. Penerapan sistem nilai dan integritas birokrasi yang efektif.

    b. Penerapan pengawasan yang independen, profesional, dan sinergis.

    c. Peningkatan kualitas pelaksanaan dan integrasi antara sistem akuntabilitas                 keuangan dan kinerja

    d. Peningkatan fairness, transparansi, dan profesionalisme dalam pengadaan                 barang dan jasa.

2. Birokrasi yang efektif dan efisien

    Arah kebijakan dari sasaran ini meliputi:

    a. Penguatan agenda Reformasi Birokrasi Nasional dan peningkatan kualitas                   implementasinya.

    b. Penataan kelembagaan instansi pemerintah yang tepat ukuran, tepat fungsi, dan          sinergis.

    c. Penataan bisnis proses yang sederhana, transparan, partisipatif, dan berbasis e-         government.

    d. Penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit                untuk mewujudkan ASN yang profesional dan bermartabat.

    e. Penerapan sistem manajemen kinerja nasional yang efektif.

    f. Peningkatan kualitas kebijakan publik.

    g. Pengembangan kepemimpinan untuk perubahan dalam birokrasi untuk                     mewujudkan kepemimpinan yang visioner, berkomitmen tinggi, dan transformatif.

    h. Peningkatan efisiensi (belanja aparatur) penyelenggaraan birokrasi.

    i. Penerapan manajemen kearsipan yang handal, komprehensif, dan terpadu.

3. Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas

    a. Penguatan kelembagaan dan manajemen pelayanan:

        1) Implementasi UU Pelayanan Publik

        2) Pemanfaatan ICT

        3) Integritas dan kualitas SDM Pelayanan

        4) Budaya pelayanan

        5) Quick Wins

    b. Penguatan kapasitas pengelolaan kinerja pelayanan publik.

         1) Penguatan monev kinerja

         2) Efektivitas pengawasan

         3) Sistem pengaduan

         4) Penerapan reward and punishment

   Indikator Keberhasilan Reformasi Birokrasi