Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

FGD Pengembangan dan Evaluasi SOP

Biro Organisasi dan Kepegawaian melaksanakan focus group discussion (FGD) Pengembangan dan Evaluasi SOP di Bogor pada tanggal 30 Maret 2021 secara online dan offline. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindaklanjut FGD integrasi proses bisnis dan SOP lingkup kantor pusat Kementerian Pertanian. Hadir sebagai peserta adalah seluruh pengelola tata Laksana lingkup kantor pusat Kementerian Pertanian.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Drs Zulkifli, M.M. menyampaikan bahwa capaian penilaian reformasi birokrasi tahun 2021 target penilaiannya harus excellent. Oleh karena itu, salah satu arahan beliau agar segera dilakukan evaluasi terhadap seluruh SOP yang ada di lingkungan Kementerian Pertanian.

Hadir secara online sebagai nararumber FGD dari Kementerian PAN dan RB yaitu, Eko Purwanto, S.T,M.E., dalam paparannya beliau menyampaikan materi terkait pengembangan dan evaluasi SOP Makro dan Mikro.

Melalui kegiatan FGD ini, seluruh pengelola tata laksana memiliki pemahaman yang sama terkait tata cara pengembangan dan evaluasi SOP makro dan mikro. Hal penting mengingat dalam waktu dekat, 180 SOP makro dan 385 SOP mikro harus segera dievaluasi dan diintegrasikan dengan peta proses bisnis Kementan tahun 2020-2024. (bas)