Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Penguatan Proses Bisnis dan SOP Lingkup BPPSDMP

Dalam rangka penguatan proses bisnis dan SOP yang tepat dan sederhana, Badan PPSDMP menyelenggaran koordinasi hukum dan organisasi pada tanggal 26 Maret 2021 di Bogor secara online dan offline. Kegiatan ini dihadiri oleh unit kerja pusat dan UPT se-jabodetabek lingkup BPPSDMP.

Hadir sabagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Koordinator Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi Biro Organisasi dan Kepegawaian, Indria Fitriani, S.H., MAP. Beliau menyampaikan materi tentang penguatan proses bisnis dan standar operasional prosedur. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa penyampaian hasil penilaian Reformasi Birokrasi Kementan sudah cukup baik namun masih perlu adanya perbaikan di dalam 8 area penilaian perubahan Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian. “setiap unit kerja perlu melalukan pemetaan proses bisnis dari proses induk sampai dengan SOP Mikro, proses ini perlu segera diselesaikan pada bulan April tahun 2021.” Tambahnya.

Pemetaan proses bisnis bermanfaat sebagai 1) acuan pemetaan analisis resiko dalam pelaksanaan suatu proses sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah, dan 2) standar dalam pelaksanaan pekerjaan agar mampu mengendalikan dan mempertahankan kualitas pelaksanaan pekerjaan, meningkatkan kinerja, dan menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan. (bas)