Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Menuju Birokrasi Efektif dan Efisien Berbasis Teknologi Informasi

Dalam rangka mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien berbasis teknologi informasi, Biro Organisasi dan Kepegawaian menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kementerian Pertanian pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021 di Bogor. Kegiatan ini diikuti secara online dan offline oleh Tim SPBE Kementerian Pertanian sebanyak 27 peserta yang meliputi perwakilan dari Inspektorat Jenderal, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Keuangan dan BMN, Unit Layanan Pengadaan, serta Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Hadir secara online sebagai narasumber dari Kementerian PAN dan RB yaitu Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Cahyono Tri Birowo, ST., MTI., didampingi Koordinator Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Ugi Cahyo Setiono, S.Kom.

Pada paparannya, Bapak Cahyono Tri Birowo menyampaikan 3 hal yang perlu diperhatikan terkait SPBE yakni pertama, identifikasi kegiatan yang akan menjadi bagian layanan yang terintegrasi di Kementerian Pertanian, kedua, perencanaan apa saja yang perlu diselaraskan dengan SPBE di Kementerian Pertanian, Ketiga, dukungan/korelasi untuk memperkuat SPBE di Kementerian Pertanian.

FGD ini dilaksanakan dengan pertimbangan pentingnya peran SPBE untuk mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien. Hal ini sesuai dengan salah satu amanat pelaksanaan reformasi birokrasi nasional yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. (myt)