Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Soft Launching Taman Baca Pustaka Dramaga Bersama "Pendekar Dongeng”

Saat ada kunjungan dari pemustaka cilik ke Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), pustakawan bertanya pada anak anak SD siapa yang mau jadi petani. Tak seorangpun yang mengacungkan jari, mereka lebih tertarik untuk menjadi dokter, pilot, ABRI dan artis. Tampaknya profesi petani kurang diminati anak anak. Hal ini sejalan dengan pernyataan Prof. Efrizal Djamal dalam majalah Sains Indonesia yang menyebutkan minat generasi muda untuk bekerja di bidang pertanian makin menurun. Hal ini menjadi perhatian PUSTAKA untuk berperan dalam menumbuhkan minat pertanian bagi generasi muda. Beberapa langkah sudah dilakukan untuk mengenalkan pertanian kepada anak anak, mulai dari merenovasi ruangan, menambah koleksi anak dan menyusun kegiatan untuk anak anak. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan mendongeng yang banyak diminati oleh anak anak dan guru.

Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia PUSTAKA mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya soft launching Taman Baca PUSTAKA di Dramaga. Soft launching dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 di Dramaga, Bogor. PUSTAKA mengundang Pendekar Dongeng “Kang Didin” untuk mendongeng di hadapan tamu undangan. Siswa SD dan guru tampak sangat antusias saat Kang Didin mendongeng. Materi dongeng diambil dari buku komik anak terbitan PUSTAKA tentang penanggulangan hama pada tanaman jagung. Dikemas dengan menarik oleh Kang Didin dengan intonasi dan gerak yang membuat anak bersemangat mendengarkan. Hal ini menjadikan anak tidak merasa jemu. Ada konsep edutaiment dalam kegiatan mendongeng.  Dalam dongeng diselipkan pengetahuan tentang pertanian. Anak mendapat ilmu sekaligus hiburan. Kegiatan mendongeng berlangsung efektif dan menyenangkan bagi siswa ditunjang dengan pendongengnya yang banyak menampilkan intonasi dan gerak yang menarik serta komunikasi interaktif dengan anak anak. Proses transfer ilmu berjalan dengan smooth tanpa ada kesan menggurui. 

Dalam kesempatan ini, Kepala PUSTAKA, Ir. Gayatari Karyawati Rana, MSc memberikan donasi berupa paket buku komik pertanian bagi SD yang berada di sekitar lokasi. Donasi ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca bagi siswa sekaligus memperkaya koleksi buku di perpustakaan sekolah. Beliau berharap sekolah dapat memanfaatkan keberadaan taman baca sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran bagi siswa.