Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Arahan Dirjen Perkebunan Saat Sertijab Eselon II

JAKARTA – Promosi, mutasi jabatan dan penataan pejabat struktural kerap dilakukan dalam penempatan struktural pada birokrasi. Hal tersebut merupakan bentuk dinamika organisasi yang disertai dengan tanggung jawab kerja nyata dan prestasi yang dicapai. Sehingga diharapkan kedepannya dapat berdampak positif pada peningkatan kinerja di unit kerja lingkup Kementerian Pertanian. Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 145/Kpts/KP.230/2/2017,   Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi  Amran Sulaiman, MP telah mengangkat dan melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Kementerian Pertanian pada hari Senin tanggal 6 Maret 2017 di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian. Upaya ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Percepatan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Kementerian dan Lembaga, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di lingkungan Instansi Pemerintah.

Seusai acara pelantikan di Auditorium Gedung F tersebut, kemudian dilanjutkan dengan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Direktorat Jenderal Perkebunan di Ruang Rapat Lantai III Gedung C Ditjen Perkebunan Kanpus Kementan. Pada acara Sertijab tersebut, Dirjen Perkebunan menyampaikan bahwa  dalam rangka mendukung program aksi Pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan, telah ditetapkan kebijakan pembangunan pertanian pada tahun 2015 - 2019 mencakup kebijakan swasembada, pengembangan produk berdaya saing, serta penguatan sistem dan kelembagaan. Selain itu, perlu adanya pengembangan kawasan pertanian dengan fokus komoditas strategis, pengembangan infrastruktur dan sarana serta kebijakan reformasi birokrasi.
 
“Sebagaimana kita ketahui Menteri Pertanian telah mencanangkan program integrasi tanaman jagung dan kelapa sawit di lahan seluas satu juta hektar. Langkah itu untuk mendukung program  dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan nasional. Melalui program ini, lahir sinergitas antara komoditas tanaman perkebunan dengan tanaman pangan. Untuk itu, kita harus mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian Pertanian dengan terjun langsung untuk melakukan pengawalan dan pengawasan ke daerah”, kata Bambang Direktur Jenderal Perkebunan dalam sambutannya pada acara Sertijab Eselon II lingkup Ditjen Perkebunan.
Bambang menambahkan, Dan saya tekankan kembali bahwa kerja keras pejabat yang baru saja dilantik merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan saya berharap berbagai upaya yang kita lakukan sampai saat inidapat berpengaruh secara signifikan terhadap target pencapaian sasaran pembangunan pertanian.
 
Pejabat eselon II yang dilantik dari Ditjen Perkebunan adalah Drs. Sigit Wahyudi, MM dari Kepala Biro Umum Setjen Kementan menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, dan Ir. Irmijati Rachmi Nurbahar M.Sc dari Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan menjadi Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan, sedangkan  Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D dari Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan mutasi ke Dirat Serealia Ditjen Tanaman Pangan.
 
“Kepada pejabat yang dilantik, jabatan tersebut mempunyai posisi yang cukup strategis jika kita kaitkan dengan tugas-tugas Kementan ke depan. Saya sangat berharap saudara-saudara mampu melaksanakan tugas strategis tersebut dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.
Dirjen Perkebunan juga berharap agar dapat membuat terobosan dalam mengembangkan pembangunan perkebunan kedepan, terutama untuk pencapaian program Kementan terkait Integrasi Sawit-Jagung 1 juta ha.
 
Dirjen Perkebunan juga mengingatkan agar segera melakukan langkah-langkah awal antara lain mempelajari tugas dan fungsi jabatan yang baru diemban, evaluasi tugas dan fungsi sebelumnya, melakukan konsolidasi internal tugas, fungsi dan sasaran kinerja dalam rencana dan jadwal kerja tahunan  serta lakukan koordinasi dengan instansi terkait.
 
”Kepada Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D, Saya ucapkan terima kasih atas jasa-jasanya dalam mendorong keberhasilan pembangunan perkebunan selama memangku jabatan Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar. Dan saya juga mengucapkan selamat bergabung kembali ke jajaran Direktorat Jenderal Perkebunan kepada Sdr. Drs. Sigit Wahyudi, MM. Selamat bekerja, laksanakan amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepada Saudara dengan sebaik-baiknya, selalu memahami tugas dan fungsi, bekerja dengan cermat, teliti dan mempunyai prinsip” katanya.