Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Peningkatan Pelayanan BBPPMB-TPH dengan Membangun Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIM Lab)

Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBPPMB-TPH) Cimanggis, menggagas pembuatan aplikasi yang bertujuan mempermudah dalam penerimaan sampel dari pelanggan, sehingga dapat mempercepat proses pengeluaran sertifikat hasil uji laboratorium. Aplikasi tersebut diberi nama Sistem Manajemen Laboratorium (SIM Lab).

Untuk mendukung tugas BBPPMB-TPH dalam melakukan pengujian, diperlukan  dukungan prasarana yang memadai, guna mendorong terciptanya pengelolaan pengujian yang optimal. Dengan adanya SIM Lab, diharapkan dapat membantu kelancaran dalam kegiatan pendaftaran oleh pengguna jasa laboratorium yang lengkap, waktu yang diperlukan dalam pengujian, sistem pembayaran dan pengeluaran hasil uji.  

Menurut Yayat Hidayat, SP, pejabat/petugas Informasi Jaringan Laboratorium (Injarlab), bahwa aplikasi SIM Lab sampai bulan Agustus 2019 ini masih digunakan secara intern,  dan dalam penyempurnaan. Disamping itu akan terus dikembangkan, sehingga akan sangat efektif karena akan mengurangi penggunaan kertas (paperless) dan mempercepat waktu pelayanan.

Proses pengujian, dan administrasi  pengujian dari pengajuan, pembayaran sampai hasil uji dilaksanakan secara online, sehingga akan lebih efektif karena pelanggan tidak perlu datang ke BBPPMB-TPH, cukup mengisi form secara online, melakukan pembayaran, mengirim sampel dan akan menerima hasil uji secara online.