Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Ditjen Hortikultura Percepat Perbaikan Layanan PPID

Dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, Ditjen Hortikultura bertekad meramaikan kembali website, termasuk pengisian portal PPID. Ditjen Hortikultura pernah berada di jajaran terbaik, namun seiiring berjalannya waktu sempat mengalami penurunan. Tidak mudah untuk menghidupkan kembali portal PPID, karena dibutuhkan komitmen dan kerja sama antar tim dalam mengisi konten yang up to date.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ditjen Hortikultura menyelenggarakan Sosialisasi Pemeringkatkan Keterbukaan Informasi Publik pada tanggal 4-6 Juli 2019 di Bogor, yang dihadiri  30 peserta.

PPID mempermudah pemohon informasi untuk mengakses informasi secara tepat dan cepat serta berperan sebagai front desk informasi. Kebutuhan dasar masyarakat dapat diperoleh melalui layanan ini, sebagaimana motto PPID yaitu memberikan pelayanan informasi yang ramah, cepat dan aman. 

Pemohon informasi dapat mengunjungi langsung PPID Ditjen Hortikultura dengan prosedur yang telah ditetapkan atau dapat diakses juga melalui laman online PPID Ditjen Hortikultura (www.hortikultura.ppid.pertanian.go.id). Selain itu masyarakat juga disediakan waktu untuk tatap muka setiap hari, mulai Senin sampai Jumat pada pukul 09.00-15.00 WIB.

Menyadari kebutuhan informasi sebagai bagian dari peningkatan teknologi, Kabag Evaluasi dan Layanan Rekomendasi, Purnomo Nugroho menyadari  bahwa pemerintah perlu mengikuti perkembangan yang ada dan semua aspek yang berkaitan dengan teknologi, harus dapat diikuti apabila tidak ingin tertinggal. Selanjutnya pada segmen berita yang setiap hari disajikan, perlu kita perinci kembali pada website dan layanan PPID. Kita perlu bekerja sama menghidupkan struktur layanan di website. Bentuk segera mekanismenya dan saya yakin kita bisa," papar Purnomo.

Berkaca pada pengalaman, informasi dan data yang diberikan oleh Ditjen Hortikultura selalu up date dan valid. Pemberian data dan informasi yang diberikan senantiasa utuh dan menyeluruh.

Mengakui pernah berada di peringkat terendah, Ditjen Hortikultura bertekad menjadi

yang terbaik. Penyempurnaan dan perbaikan layanan diperbaiki satu per satu. 

"Kami sedang memperbaiki pelayanan PPID termasuk perpustakaan dan arsip. Perbaikan PPID juga di antaranya ruang informasi sebagai front desk sebagai fasilitas tatap muka. Ke depan akan dipadukan PPID dengan arsip dan  perpustakaan," ujar Kepala Subbagian Hukum dan Humas, Rico Simanjuntak.