Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Menduniakan Tenaga Ahli Pertanian Indonesia Melalui FAO South-South Cooperation Gateaway dan Rencana Penandatanganan MoU

Keberhasilan Kementan dalam kerja sama Selatan-selatan dan Triangular (KSST)  telah mendapatkan pengakuan dari Direktur KSS-FAO. Disela-sela Sidang FAO Conference ke-41 bulan Juni 2019 di Roma, Italia, beliau menyampaikan, “Indonesia merupakan salah satu negara kunci KSS. FAO sangat mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh Indonesia dalam mendukung negara berkembang lainnya’’.

FAO mengharapkan penguatan kolaborasi antar program di antara negara anggota atau dengan FAO. Untuk itu FAO mengusulkan penyusunan Nota Kesepahaman (MoU) penguatan KSST antara FAO dan Indonesia. MoU ini rencananya akan ditandatangani bersamaan dengan perayaan Hari Pangan Sedunia ke-39 yang akan diselenggarakan pada akhir Oktober tahun ini di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan yang sama juga direncanakan peluncuran South-South Gateaway sebagai media berbagi pengetahuan dan informasi terkait program dan capaian yang telah dihasilkan. Situs ini menampilkan database pusat pelatihan dan tenaga ahli di bidang pertanian, kehutanan dan perikanan yang dapat dimanfaatkan oleh negara-negara anggota FAO. Beberapa negara yang telah memanfaatkannya adalah Argentina, Chili, Tiongkok, Costa Rika, Iran, Israel, Kyrgyzstan, Morocco, Namibia, Peru, Senegal, dan Uruguay.