Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Sinergi PUSTAKA dan POLBANGTAN YOMA, Literasi Informasi Era Digital

Era digital menuntut mahasiswa untuk tidak gaptek dengan teknologi dan literate dalam mencemati informasi. PUSTAKA telah bersinergi dengan Polbangtan Yogya-Magelang (Yoma) untuk memberikan bimbingan teknis literasi penelusuran informasi online bagi mahasiswa. Bimtek diikuti mahasiswa  tingkat II dari tiga jurusan yaitu Teknologi Benih, Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dan Agribisnis Hortikultura, pada tanggal 17-18 Juli 2019 bertempat di Laboratorium Komputer Polbangtan Yoma. Materi yang disampaikan meliputi sumber informasi online, teknik dan strategi penelusuran serta evaluasi hasil penelusuran.

Narasumber Juznia Andriani, pustakawan PUSTAKA, mengemukakan pentingnya mahasiswa untuk mengenal teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta memanfaatkannya secara efektif. Informasi yang valid terpercaya mutlak dikuasai oleh mahasiswa, untuk menyelesaikan tugas akademik dan membuat karya tulis ilmiah. Penguasaan informasi yang baik akan menambah kompetensi mahasiswa yang akan berkiprah di masyarakat dan dunia usaha.

Wahyu Ramadhan, salah seorang peserta dari jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan menyatakan kegiatan literasi ini sangat penting dan bermanfaat untuk menunjang akademik. Teknik dalam mencari informasi sangat mempermudah dalam proses penelusuran informasi.

Hasil Bimtek literasi sebelumnya menunjukkan karya ilmiah dan tugas dari dosen menjadi lebih tajam analisanya. Bimtek literasi bagi mahasiswa setiap angkatan Polbangtan di seluruh Indonesia akan dilaksanakan secara berkelanjutan.