Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Audit Eksternal ISO Anti Penyuapan, Bentuk Komitmen BBPP Batangkaluku Dalam Pelayanan Prima

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPPSDMP, BBPP Batangkaluku tetap berupaya memperbarui dan mewujudkan komitmennya untuk menjaga integritas institusi dan memberikan tingkat kepercayaan yang semakin baik kepada masyarakat.
ISO 37001 ini adalah Tindakan Pencegahan, Pendeteksian serta tindakan mitigasi jika terjadinya penyuapan, pungli dan gratifikasi (SPG) dalam proses penyelenggaraannya.

Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan merupakan salah satu bentuk komitmen Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku dalam pelaksanaan Pelayanan Prima melalui penerapan Sistem Manajemen; Anti Penyuapan yang terus menerus ditingkatkan sehingga penyelenggaraan pelatihan pertanian yang disediakan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Tahapan awal Komitmen ini ditunjukkan digelarnya Pelatihan Pemahaman Intepretasi SNI ISO 37001: 2016 tentang SMAP (Sistem Manajemen Anti Penyuapan) pada tanggal 12 - 14 Juli 2021 secara virtual kemarin.

Tahap selanjutnya audit eksternal yang dilaksanakan di masing – masing sub. koordinator dan didampingi oleh auditor dari PT Garuda Sertifikasi Indonesia. Bunga Astidyani sebagai Lead Auditor.

Kepala BBPP Batangkaluku, Sabir mengungkapkan langkah ini merupakan salah satu cara kami untuk menambah pengetahuan dan pemahaman pegawai terkait Sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Lingkungan Pemerintahan khususnya lingkup BBPP Batangkaluku. NK