Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Menuju Level 4 IACM, Itjentan Melakukan Self Assesment

Jakarta, (13/07/21) Internal Audit Capability Model (IA-CM),merupakan alat ukur yang dapat digunakan untuk menguatkan kapasitas dan meningkatkan efektivitas pengawasan intern sektor publik. IACM merupakan rerangka yang menggambarkan hal-hal mendasar yang dibutuhkan untuk mewujudkan pengawasan intern sektor publik yang efektif. Rerangka model tersebut dibangun melalui lima level yang progresif yaitu Initial. Infrastructure, Integrated, Managed, Optimizing.

Setelah mecapai level 3, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Itjentan) berupaya untuk naik ke level 4 (Managed) dengan indikator audit intern mengintegrasikan informasi lintas unit organisasi untuk mengembangkan tatakelola dan manajemen risiko.

Guna mencapai tersebut, dilakukan self assessment IACM Itjentan. Hadir pada kegiatan tersebut yang dilakukan secara virtual, Kepala Bagian Umum, Koordinator Subtansi, Auditor, Perencana, dan Analis Kepegawaian.

Dalam mencapai target level 4 IACM,  Itjen harus mampu mempertahankan area proses kunci pada level 1, 2, maupun 3.  Pada kegiatan tersebut telah mampu dilakukan identivikasi kekuatan, maupun kelemahan menajemen pengawasan yang harus segera diperbaiki dan ditingkatkan kulitasnya. Diharapkan kegiatasn tersebut akan memantapkan langkah Itjentan mencapai Level 4 IACM. (EDP)