Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Jadi Teladan di Masyarakat, ASN Harus Bebas Narkoba

Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan oleh berita penangkapan artis terkenal ibukota terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Masyarakat geger. Sang artis tidak tampak seperti seorang pemakai narkoba. Namun itulah fakta di masyarakat. Pemakai narkoba bisa berasal dari kalangan manapun. Tidak mengenal profesi, usia, dan jenis kelamin. Siapa saja bisa tersandung masalah narkoba.

 

Alasan memakai narkoba juga beragam. Mulai dari sekadar ikut-ikutan, coba-coba, bahkan alasan menjaga stamina agar tetap aktif. Narkoba mungkin tidak berefek langsung ke tubuh si pemakai, namun efek jangka panjangnya sudah pasti merugikan. Tak hanya menghancurkan fisik, penyalahgunaan narkoba bisa berbuntut ke masalah sosial lainnya. Apalagi jika sudah sampai taraf kecanduan.

Mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika,  BNN Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi sekaligus tes urin para pegawai lingkup Karantina Pertanian Sorong pada Senin (22/07).

 

“Laporan yang masuk di kami, bahwa peredaran narkoba di Papua Barat cukup tinggi. Masyarakat tidak boleh abai. Oleh karena itu, kami terus lakukan sosialisasi agar masyarakat paham bahaya penyalahgunaan narkotika," terang drg. Indah Perwitasari selaku Kepala Bidang P2M BNN Papua Barat dalam pemaparannya. Indah menyampaikan bahwa pemeriksaan urin yang dilakukan di kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong ini merupakan salah satu upaya BNN dalam mencegah dan menekan peredaran narkoba di masyarakat.

 

Senada dengan perwakilan BNN, Kepala Stasiun Kelas I Karantina Pertanian Sorong, drh. I Wayan Kertanegara  juga menyampaikan pentingnya pelaksanaan tes urin ini. "Aparatur Sipil hendaknya menjadi contoh dan teladan di masyarakat. Salah satunya bebas dari narkoba. Tentu diharapkan hasilnya negatif semua, yang artinya semua pegawai bebas dari narkoba. Tes urin ini adalah bentuk kontribusi kita dalam mencegah peredaran narkoba di masyarakat," ujar I Wayan.

 

Kepedulian akan bahaya penyalahgunaan narkoba merupakan tugas kita bersama. Yuk menjadi teladan bagi masyarakat.

 

Narkoba? Jangan pernah coba-coba.