Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Picu Semangat Kerja, Barantan Berikan Penghargaan UPT Terbaik

Memicu semangat kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT), Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali memberikan penghargaan kepada 5 UPT yang memiliki kinerja terbaik pada tahun 2020.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang berkesempatan sebagai Inspektur Upacara saat  Apel Hari Karantina Pertanian di Kantor Balai Uji Terap Teknik dan Metoda Karantina Pertanian (BUTTMKP) pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Penerima penghargaan adalah UPT lingkup Barantan, merupakan sebuah amanah dan pemicu semangat kerja agar  berkinerja lebih baik ldari saat ini.  Tahun berikutnya penghargaan UPT terbaik  harus dipertahankan dan ditargetkan untuk memperoleh penghargaan di tingkat yang lebih tinggi.

Bagi  UPT Karantina Pertanian yang belum mendapatkan penghargaan bukan berarti memiliki kinerja yang buruk, namun perlu diberikan  motivasi agar  unit kerja memiliki semangat  untuk berkinerja semakin baik. Terbitnya regulasi  Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan dan Tumbuhan, tugas karantina pertanian semakin bertambah. Selain menjaga agar penyakit hewan dan tumbuhan tidak tersebar di wilayah Indonesia, juga menjadi economic tools dan border protection, ini merupakan tugas yang tidak mudah. Sebagai apresiasi diberikan penghargaan bagi UPT yang memiliki kinerja lebih.

Kelima penerima penghargaan UPT terbaik tahun 2020 yakni Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar, Balai Karantina Pertanian Kelas I Lampung, Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, dan Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta.   Indikator  penghargaan meliputi Manajemen Perencanaan, Manajemen Organisasi dan Tata Laksana, Tindakan Karantina Hewan dan Tumbuhan.