Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

Penguatan Kualitas Istri ASN untuk Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Istri Aparatur Sipil Negara terus berkiprah dan berkomitmen untuk menguatkan kualitas peran perempuan guna menuju ketahanan keluarga, kini punya peranan penting dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan kaum perempuan di kancah ketahanan keluarga dan bangsa. Perempuan sendiri memiliki peranan yang sangat penting, tanpa dukungan perempuan, kaum pria tidak memiliki kekuatan yang memadai untuk menciptakan keluarga yang sejahtera.

Istri ASN merupakan pribadi mandiri dan kreatif harus mampu meningkatkan kinerja suami dan memperlancar tugas suami. Banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan sebagai istri maupun ibu, kesempatan terbuka seluasnya bagi perempuan untuk maju dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman. Istri ASN dihadapkan dengan banyaknya permasalahan, salah satunya adalah dalam meningkatkan akhlak yang baik, terhindar dari narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas dan perilaku menyimpang lainnya. Sehingga istri ASN harus mampu memberikan pendidikan karakter sejak dini dan menyiapkan mental anak di era globalisasi. Kiranya sebagai istri ASN bisa menjadi motivator aktif di masyarakat, dalam menjaga kualitas dan ketahanan keluarga serta dapat membantu program Kementerian Pertanian.

Sebagai istri ASN, selain mendukung tugas-tugas suami, juga harus berperan dalam mempererat hubungan silaturahmi dengan siapapun, memiliki peranan penting dalam ketahanan keluarga, dapat menjadi agen perubahan dan akan membangun keluarga menjadi bangsa yang sehat dan kuat. Salah satu faktor dalam ketahanan keluarga adalah kesehatan dan kebahagiaan, keduanya dapat dicapai dengan selalu berpikir positif. Seseorang mampu mengukur kedalaman batin sendiri, lebih mampu memilih mana yang negatif dan positif. Yang negatif kita hapus, yang positif kita optimalkan sehingga dalam proses kehidupan sehari-hari cenderung berdamai dengan kondisi-kondisi yang harus kita terima.

Mengapa Ketahanan Keluarga Semakin Penting

Semua orang punya obsesi, semua orang punya angan angan akan sesuatu yang mungkin akan diraihnya dalam kenyataaan, kenyataan yang lebih baik yang akan memberikan sasuatu yang lebih pada masa yang akan datang, dari pada apa yang ada padanya saat ini. Idealisme adalah bekal setiap orang untuk dapat meraih kenyataan itu. Dalam kenyataannya pada saat sekarang ini, sepanjang dalam perjalanannya, perubahan global telah memberikan pengaruh yang sangat luar biasa pada semua sisi kehidupan setiap orang, setiap keluarga tata dan nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hampir tergradasi, terkikis, nilai moral dan etika terseret yang hampir akan terperosok dalam jurang kehancuran. Perkembangan tekhnologi informasi memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat menembus ruang tanpa batas, jika tak kuat kendalinya mungkin akan dapat membuat setiap orang akan lepas kendali seperti layang layang terbang melayang putus benangnya.

Pembangunan keluarga sejahtera diarahkan pada pembangunan kualitas keluarga yang bercirikan ketahanan dan kemandirian keluarga. Untuk mewujudkan kemandirian keluarga perlu ditopang paling sedikit oleh dua tiang utama yaitu keluarga kecil agar bebannya tidak terlalu berat dan keluarga sejahtera dengan kekuatan ekonomi. Keluarga kecil dapat terwujud apabila fungsi reproduksinya dapat mewujudkan reproduksi yang sehat, disisi lain keluarga sejahtera dengan kekuatan ekonomi dapat terwujud apabila fungsi ekonomi, fungsi sosialisasi dan pendidikan serta fungsi pembinaan lingkungan yang bersih, tertib dalam suasana etos kerja yang tinggi dapat tercipta dengan baik.