Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Manfaatkan OVIRAL, PUSTAKA lakukan Live Panen Padi dengan Petani Sukoharjo, Jawa tengah

Sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir, namun Kementerian Pertanian melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) terus mengawal kegiatan pertanian di lapangan.  Kali ini dengan dengan kemasan Virtual Literacy (VL) "Live Panen Padi Sawah bersama Kelompok Tani Sidomukti, Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo" melalui Open Virtual Literacy (Oviral) Room PUSTAKA Kementan pada 11 Mei 2020. 

Kepala PUSTAKA, Retno Sri Hartati Mulyandari, menyemangati para penyuluh dan petani sebagai garda terdepan dalam penyediaan pangan terus berkarya dalam  masa pandemi Covid-19. Ia meminta kepada penyuluh agar mengoptimalkan pekarangan pangan lestari (P2L), pertanian masuk sekolah, serta gerakan tiga kali ekspor. Selanjutnya ia berharap agar Kelompok Tani (Poktan) Sidomukti tetap produktif selama masa pandemi ini.  “Segera persiapkan tanam untuk mengejar masa tanam.kedua di penghujung musim penghujan”, ujar Retno. 

 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Netty Harjianti menyampaikan bahwa setiap bulan ada kegiatan tanam dan panen di Sukoharjo. Ia mengungkapkan bahwa panen padi di Sukoharjo sampai Mei 2020 ini seluas 18.653 hektare.  Padi yang ditanam  varietas unggul tahan wereng (VUTW) seperti Inpari, IR 64, Sunggal, Way apoburu, dan Ciherang yang bersertifikat label SS.

Penanggung jawab pendampingan program Kostratani wilayah Provinsi Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Hortikultura yang diwakili Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Yasid Taufik  mengapresiasi kegiatan yang digelar PUSTAKA. Menurutnya dengan pemanfaatan teknologi informasi, pengawalan kostratani khususnya wilayah binaan PUSTAKA tetap dapat terselenggara dengan baik dan produktif selama pandemi Covid -19.  

Sebanyak 50 node terhubung pada VL kali ini dengan peserta para petani Poktan Sidomukti, Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Sukoharjo, PPL Kab. Sukoharjo, PPL BPP Grogol, BPP Delanggu, BPP Trucuk, dan  Kepala Desa Parangjoro. Selama  siaran langsung diperlihatkan aktivitas Poktan Sidomukti yang sedang melakukan panen padi sawah dengan combine harvester di lahan seluas 53 hektar.   Kegiatan panen akan berlangsung selama dua hari.  Berdasarkan hasil ubinan, diketahui bahwa produktivitas padi hasil panen adalah 8,8 ton/ha GKP dengan harga jual GKP adalah 7.700-7.800 ribu/kg.