Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

EXIT MEETING PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2019 DI KEMENTERIAN PERTANIAN

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) melaksanakan kegiatan Exit Meeting evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Pertanian pada Selasa, 21 Januari 2020 di Gedung A, Kantor Pusat, Kementerian Pertanian. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP di masing-masing kementerian dan lembaga pemerintah. Evaluasi pelaksanaan RB dimulai dengan kegiatan Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB (PMPRB) sesuai dengan Permen PAN dan RB nomor 30 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

Rapat Exit Meeting dihadiri oleh Tim Penilai Kementerian PAN dan RB yang diketuai oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II, Nadimah, MBA. Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Momon Rusmono, MS, didampingi  Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Drs. Abdul Halim, M.Si. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama beserta tim reformasi birokrasi Kementan baik pada level pusat (POKJA) maupun unit kerja Eselon I.

Penyampaian hasil evaluasi reformasi birokrasi berupa kondisi pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Pertanian. Selain itu disampaikan juga berupa permasalahan per area perubahan dan penyampaian hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Kementerian Pertanian. Kementerian Pertanian juga telah melakukan perbaikan dalam rangka mewujudkan komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu penerapan keterbukaan informasi public (KIP), pengelolaan arsip, dan inovasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi baik internal maupun eksternal. (AK/Biro OK)