Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Tingkatkan Layanan bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, PUSTAKA siapkan Braille Corner

Untuk meningkatkan layanan bagi pemustaka, khususnya penyandang disabilitas sensorik netra (PDSN), Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Kementerian Pertanian telah menandatangani kerja sama dengan Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso, Kementerian Sosial pada 3 Maret 2020 bersamaan dengan grand launching Museum Tanah dan Pertanian, dan Peresmian Open Virtual Literacy (Oviral) Room. Menindaklanjuti kerja sama tersebut, pada Senin, 20 April 2020 telah dilakukan koordinasi melalui video conference mematangkan rencana pembentukan Braille Corner di PUSTAKA.

Kepala PUSTAKA, Retno Sri Hartati Mulyandari mengungkapkan bahwa PUSTAKA terus berupaya mengembangkan perpustakaan pertanian yang ramah pengguna, serta dapat diakses oleh semua kalangan termasuk para disabilitas. Untuk itu PUSTAKA berupaya menambah bentuk layanannya bagi PDSN sehingga mereka dapat mengakses informasi pertanian dengan mudah. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pelatihan atau bimtek bagi Pustakawan dan dukungan penyediaan sarana dan prasarana untuk layanan Braille Corner.

Sementara itu Kepala BLBI, Isep Sepriyan sangat menyambut baik inisiatif Pustaka menyiapkan Braille Corner dan berjanji akan membantu untuk pengembangannya lebih lanjut.