Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Barantan Pionir Terapkan Standar SMAP, Mentan SYL Terima Penghargaan

Jakarta – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menerima piagam penghargaan atas peran aktif Badan Karantina Pertanian (Barantan) dalam penerapan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Barantan di Jakarta, Kamis (12/12).

Piagam diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT. Garuda Sertifikasi Indonesia, I Putu Gde Indra Yudha, SE, MM sebagai auditor penerapan ISO 37001 seluruh UPT Barantan.

“Penerapan ISO 37001 untuk meningkatkan kredibilitas layanan institusi sebagai organisasi yang taat pada peraturan anti penyuapan dan peraturan pemerintah” papar Ali Jamil
dalam rangkaian rapat kerja Barantan Tahun 2020–2024.

ISO 37001:2016 tentang SMAP sebagai tuntutan reformasi birokrasi sesuai dengan INPRES Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi untuk Kementerian/Lembaga. Dilanjutkan dengan Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

SNI ISO 37001 juga merupakan instrumen yang dirancang untuk membantu sebuah organisasi mengembangkan, mengimplentasikan, dan memperbaiki program anti penyuapan. Instrumen ini berisi serangkaian tindakan, kontrol, atau prosedur yang harus dilakukan untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi penyuapan.

Menurut Kepala Barantan, Ali Jamil, pihaknya mulai mencanangkan penerapan SMAP sejak Mei 2018. Awalnya ditargetkan 10 (sepuluh) UPT, kemudian di tahun 2019 semua UPT sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 37001.

“Sebagai pionir dalam penerapan SMAP, Barantan memberikan jaminan (assurance) kepada manajemen, pegawai, pelanggan dan pemangku kepentingan (stake holder) lainnya, bahwa organisasi mengambil langkah yang wajar untuk mencegah penyuapan sesuai dengan peraturan perundangan, ungkapnya lagi.

Dalam arahannya Mentan yang biasa di sapa SYL ini menyampaikan bahwa “Law Enforcement jadikan sebagai pegangan, kerja bersama, kompak bersama dan saling membimbing untuk hidup lebih baik” . Hal ini sejalan dengan implementasi SMAP di Barantan dan pada unit kerja seluruh Kementan.

Gemakan semangat SMAP, katanya sambil kenalkan yel yel Kementan, Maju, Mandiri dan Modern, pasti lebih baik.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian.(JM/Barantan)