Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Resmi Ditutup: Pengadaan CPNS Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2019

Pendaftaran CPNS TA 2019 di Kementerian Pertanian yang berlangsung selama tanggal 11-27 November 2019 telah resmi ditutup. Adapun pengumuman hasil seleksi administrasi berkas unggah akan ditayangkan pada tanggal 12 Desember 2019. Total pelamar yang men-submit berkas lamaran melalui laman https://sscasn.bkn.go.id berjumlah 28.502 pelamar, terdiri dari 25.713 (90,21%) pelamar untuk jabatan fungsional dan 2.789 (9,79%) pelamar jabatan pelaksana. Serupa dengan pengadaan CPNS tahun sebelumnya, di tahun 2019 ini pelamar paling banyak didominasi oleh pelamar jenis formasi umum yaitu 27.356 (95,98%). Sementara itu, pelamar formasi dengan kategori lulusan terbaik/cumlaude sebanyak 1.077 (3,78%), kategori penyandang disabilitas sebanyak 27 (0,09%), dan kategori Putra/I Papua dan Papua Barat sebanyak 42 (0,15%). Pelamar yang telah mendaftarkan diri tinggal menunggu dan melihat hasil seleksi administrasi secara online sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Selama masa pendaftaran berlangsung, Panitia Seleksi CPNS Kementerian Pertanian TA 2019 telah mulai melakukan verifikasi berkas yang diunggah oleh pelamar. Dokumen yang telah diunggah pelamar kemudian diverifikasi kesesuaiannya dengan persyaratan yang tertulis di pengumuman pendaftaran di antaranya KTP, Pas Foto, Surat Lamaran, Ijazah dan Transkrip Nilai, Surat Pernyataan, dan sebagainya. Tim verifikator sebelumnya telah mendapatkan bimbingan teknis terkait pedoman verifikasi berkas lamaran dan penggunaan aplikasi verifikasi. Mekanisme verifikasi pada tahun ini juga dibuat menjadi 2 jenjang, yaitu verifikasi awal oleh verifikator dan pengecekan kembali oleh supervisor. Hal itu dilakukan guna meminimalisasi kesalahan saat proses verifikasi berkas. Secara keseluruhan, proses verifikasi juga dipantau langsung oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, dan dengan pendampingan dari tim Inspektorat Jenderal.

 

Setelah lebih kurang 3 minggu proses verifikasi berkas dilaksanakan, pengumuman akan dapat dilihat pada laman https://cpns.pertanian.go.id maupun akun pelamar yang terdaftar pada laman https://sscasn.bkn.go.id. Sesuai dengan jadwal, setelah tanggal pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut, pelamar memiliki waktu 3 hari untuk mengajukan sanggahan terhadap hasilnya jika ada yang dirasa tidak sesuai. Pada masa sanggah inilah pelamar dapat menuliskan pertanyaan maupun pernyataan terkait hasil verifikasi berkas yang diunggah masing-masing. Bagaimanapun hasilnya, Panitia Seleksi maupun Pelamar tentunya berupaya menunjukkan dan menampilkan usaha terbaik selama proses seleksi ini. (Puri-Biro OK)