Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Mari Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Itani

Pada masa sekarang, masyarakat telah dibanjiri ribuan informasi. Informasi beredar baik dalam bentuk cetak maupun digital. Di Kementerian Pertanian, beragam informasi dan inovasi telah banyak ditulis dan disebarkan ke masyarakat. Sebagian informasi tersebut tersimpan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 20 Bogor. PUSTAKA telah memberikan layanan informasi kepada masyarakat baik yang datang secara fisik ke PUSTAKA maupun permintaan informasi melalui surat, telepon, maupun email. Bagi pegawai Kementerian Pertanian diberikan password untuk akses secara langsung.

PUSTAKA sebagai instansi pembina perpustakaan di lingkup Kementerian Pertanian terus bebenah diri dan berinovasi agar dapat mewujudkan visinya “Menjadi lembaga pelayanan informasi terdepan dan terpercaya dalam mendukung penelitian dan pengembangan inovasi pertanian”. Visi ini diterjemahkan dalam misi PUSTAKA yaitu: (1) melakukan penyediaan, pengelolaan dan pelayanan informasi IPTEK Pertanian secara prima sesuai dengan kebutuhan pengguna; (2) meningkatkan literasi informasi; (3) meningkatkan kinerja perpustakaan dan profesionalisme pengelola perpustakaan; dan (4) meningkatkan kinerja dokumentasi informasi dan komunikasi IPTEK Pertanian.

Untuk menjalankan misi tersebut PUSTAKA membuat inovasi layanan perpustakaan yang dapat langsung mendiseminasikan informasi kepada pengguna. Hal ini dapat terwujud melalui aplikasi iTani, yang hadir untuk menyatukan masyarakat dalam sebuah komunitas membaca dan publikasi buku secara digital. Itani dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah merubah perilaku pengguna yang semula berkunjung ke perpustakaan, sekarang lebih menyukai menelusur informasi melalui smarthphone, tablet dan laptop.  Untuk itu PUSTAKA mengembangkan perpustakaan digital iTani yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui berbagai media tersebut.  Aplikasi iTani perpustakaan digital dilengkapi fitur sosial media, bisa akses melalui Smartphone, Tablet, Laptop dan Desktop berbasis o/s Android dan Hybrid.

Beberapa pertimbangan lain dalam pengembangan aplikasi Itani meliputi: (1) hampir semua pengguna perpustakaan sudah menggunakan ponsel; (2) transmisi melalui jaringan telpon saat ini telah menjangkau banyak tempat; dan (3) mudah dan praktis digunakan di berbagai tempat. Konsep iTani menyatukan konten dan komunitas dalam sebuah aplikasi yang mudah dan menyenangkan, tumbuh bersama dan mampu mengerakan komunitas untuk berperan aktif demi meningkatkan minat baca dan kecerdasan bangsa terutama untuk informasi bidang pertanian.

Fungsi ITani antara lain: (1) Public service: penyediaan bahan bacaan yang ringan, menyenangkan dan mudah diakses oleh masyarakat serta mengakses tanpa batas; (2) Creativity Center: media publikasi karya (buku) milik masyarakat yang dapat diawasi dan dinikmati oleh masyarakat (dari warga untuk warga); (3) Cyber Society: membangun interaksi antar masyarakat melalui fitur social media dalam koridor keilmuan dan kesopanan di buku; dan (4) Information Center: tingginya mobilitas arus informasi memerlukan media yang cepat dan mudah dalam penyampaian informasi, peraturan, kebijakan ke masyarakat yang dikelola sendiri.