Loading...

Reformasi Birokrasi

Kementerian Pertanian, RI

img

Resmi, 112 PNS Barantan Menjadi Agen Perubahan

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menjadi saksi Deklarasi Agen Perubahan Lingkup Badan Karantina Tahun 2019 yang diucapkan oleh 112 PNS. "Selamat, Anda semua terpilih menjadi agen perubahan dari 3.855 PNS lingkup Badan Karantina Pertanian," kata Ali  Jamil saat memberi arahan di Bogor, Rabu (16/10).

Menurut Ali Jamil, guna mendukung program reformasi birokrasi i lingkup Barantan perlu dilakukan langkah yang signifikan terhadap perubahan pola pikir (mindset) dan budaya kerja (culture set).

Perubahan pola pikir dan budaya kerja ditujukan untuk mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja organisasi. "Anda semua yang baru mendeklarasikan diri menjadi agen perubahan merupakan penggerak di organisasi. Anda adalah teladan, role model," tegasnya.

Ini Tugas Agen Perubahan lingkup Barantan

Kepala Bagian Umum, Wisnu Haryana selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa PNS yang terpilih menjadi agen sudah melalui seleksi.

Harapannya para agen mampu menunjang tugasnya di lapangan. Wisnu menjelaskan bahwa tugas agen pertama mampu secara aktif mendorong dan menggerakkan pegawai untuk turut serta menjadi bagian dalam perubahan kearah yang lebih baik.

Kedua, melaksanakan internalisasi dan mengembangkan nilai-nilai budaya kerja pegawai dalam melaksanakan reformasi birokrasi di Barantan, melalui “Sharing Knowledge” serta mengembangkan dan meningkaktan kompetensi pegawai d ibidang budaya kerja, budaya organisasi, dan etos kerja.

Ketiga, menggerakkan dan melaksanakan penegakan disiplin dan meningkatkan kinerja pegawai serta efisiensi sumber daya energi dan sarana kantor.

Keempat melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana aksi di masing-masing unit kerja.Tugas tersebut sesuai Permentan nomor 841/ 2019 tentang Agen Perubahan  lingkup Kementerian Pertanian, yang   telah dideterminasi melalui Keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian Nomor 2125/Kpts/K/09/2019 tanggal 30 September 2019 tentang Agen Perubahan di Lingkungan Barantan.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Abdul Halim turut hadir dan menyaksikan Deklarasi Agen Perubahan lingkup Barantan.

Kepala Barantan mengajak seluruh Agen Perubahan Barantan untuk tetap fokus, konsisten dan menumbuhkan rasa tanggung jawab akan keberhasilan organisasi dalam mencapai visi dan misi yang berdampak kepada pemberian pelayanan yang terbaik.

Seluruh agen perubahan juga diharapkan berkontribusi dan aktif dalam pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola manajerial yang baik.

"Anda semua segera menyiapkan road map dan rencana aksi, sampaikan dan presentasikan ke pimpinan di unit kerja. Selamat Beraksi!," pungkas Jamil.(JM/Barantan)